Salurkan Hobby Mancing-Mu

Jembatatan Kukar adalah jembatan yang melintas di atas sungai Mahakam. Bentang bebasnya, atau area yang tergantung tanpa penyangga mencapai 270 meter dari total panjang jembatan sekitar 710 meter.

Jembatan yang diresmikan pada 2001 tersebut merupakan sarana penghubung utama Kota Samarinda dengan Kecamatan Tenggarong Seberang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Jembatan ini dibangun menyerupai Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat.

Proyek pembangunan Jembatan Kukar ini tidak memakan biaya sedikit, baik dari tahap perencanaan sampai perancangan.

Jembatan Kartanegara merupakan jembatan kedua yang dibangun melintasi Sungai Mahakam setelah Jembatan Mahakam di Samarinda. Jembatan ini mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai pada 2001 dengan kontraktor PT Hutama Karya yang menangani proyek pembangunan jembatan tersebut.

Dimana Jembatan tersebut menghubungan kota Tenggarong dengan Tenggarong Seberang serta mempersingkat perjalanan ke Samarinda.

  

Tampak Jembatan Kukar saat masih berdiri kokoh yang membentang di Sungai Mahakam

Pada hari sabtu tanggal 26 Nopember 2011 pada jam 16.20 waktu setempat hanya dalam hitungan detik jembatan ini ambruk tiba-tiba, ketika lalu lintas sedang sibuk di atasnya.  Ada sekitar 15 mobil dan beberapa motor di jembatan ketika kecelakaan itu terjadi yang begitu mengejutkan.

Kejadian tersebut menyisakan suatu pertanyaan penting yaitu penyebab keruntuhan jembatan. Menarik bagi saya untuk ikut mencari tahu apa yang sebenarnya menjadi penyebab keruntuhan jembatan tersebut. Walaupun hingga tulisan ini diposting, proses investigasi masih berjalan. Penyebab keruntuhan menjadi menarik untuk dibahas yang mestinya tidak saja dari aspek teknis struktur jembatan, namun juga dari aspek manajemen proyek.

Tampak jembatan Kukar yang telah runtuh

Data-data didapatkan dari komentara pada pihak yang termuat dalam media massa (terutama cetak dan internet). Hingga saat ini, telah begitu banyak yang memberikan komentar mengenai penyebab keruntuhan jembatan Kukar. Beberapa institusi dan ahli seperti PU, Akademisi (UGM, ITB, ITS, Unmul)………….

(dari barbagai sumber)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: